Alasan Jepang Sering Kena Gempa Bumi dan Cara Selamatkan Diri

  • Whatsapp

Tokyo, 9 Oktober 2023 – Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang sering mengalami gempa bumi. Fenomena ini disebabkan oleh lokasi geografis negara tersebut dan interaksi lempeng tektonik di wilayahnya.

Geografi Jepang dan Cincin Api Pasifik

Jepang terletak di sepanjang wilayah yang dikenal sebagai Cincin Api Pasifik. Zona ini adalah tempat pertemuan berbagai lempeng tektonik di dasar laut. Ketika lempeng-lempeng ini bertemu, terjadi tekanan dan pergeseran, yang pada akhirnya memicu gempa bumi.

Pulau-Pulau Jepang di Tempat Pertemuan Lempeng

Selain itu, pulau-pulau di Jepang terletak di tempat pertemuan empat lempeng tektonik bumi yang signifikan, yaitu Lempeng Pasifik, Lempeng Filipina, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Yangtze. Akibatnya, Jepang menjadi salah satu negara dengan tingkat aktivitas seismik yang tinggi, mengalami sekitar 1.500 gempa bumi per tahun, jauh lebih sering dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

Sejarah Panjang Gempa Bumi

Sejarah gempa bumi di Jepang sudah ada sejak lebih dari seribu tahun yang lalu. Selain itu, Jepang juga rentan terhadap tsunami karena lokasinya yang dekat dengan lautan. Gempa bumi di bawah laut atau dekat laut sering memicu gelombang pasang yang bisa menjadi bencana tambahan.

Kesiapan Jepang Menghadapi Gempa Bumi

Jepang telah berupaya mempersiapkan diri secara baik menghadapi gempa bumi. Semua ponsel di Jepang dilengkapi dengan sistem peringatan gempa, yang memberi pengguna waktu 5 hingga 10 detik untuk mencari perlindungan sebelum gempa terjadi. Selain itu, rumah dan bangunan di Jepang dirancang agar dapat bergerak mengikuti gempa untuk menghindari kerusakan yang serius atau melukai penghuninya.

Budaya Pencegahan Bencana

Jepang juga memiliki budaya pencegahan bencana yang kuat. Pelatihan bencana alam dimulai sejak usia dini, bahkan di taman kanak-kanak. Selain itu, terdapat pusat evakuasi lokal dan fasilitas darurat yang lengkap untuk melayani masyarakat saat terjadi gempa bumi atau bencana lainnya.

Cara Selamatkan Diri Selama Gempa Bumi

Salah satu alasan mengapa Jepang begitu aman meskipun sering mengalami gempa bumi adalah karena penduduknya tahu bagaimana bereaksi selama gempa bumi. Bagi pengunjung yang datang ke Jepang, penting untuk mengikuti pedoman keselamatan ini:

Ketika Berada di Dalam Rumah Saat Gempa

  • Berlindunglah di bawah benda kokoh, seperti meja.
  • Jika tidak ada perlindungan yang tersedia, tutupi kepala dengan bantal atau jaket.
  • Jauhi jendela atau benda-benda yang bisa jatuh dari dinding.
  • Jangan bergerak sampai gempa berhenti dan hindari keluar rumah.

Ketika Berada di Luar Saat Gempa

  • Cari tempat terbuka di mana benda-benda tidak akan jatuh ke Anda.
  • Hindari bangunan, pagar pembatas, kendaraan, dan tebing.
  • Berjongkoklah di tanah dan tutupi kepala dengan lengan, jaket, atau tas.

Ketika Berada di Gedung Tinggi Saat Gempa

  • Jangan keluar dari gedung sampai guncangan berhenti.
  • Jauhi jendela dan tutupi kepala seperti yang Anda lakukan di dalam rumah.
  • Jangan gunakan elevator, karena bisa kehilangan aliran listrik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *