Guncangan Gempa di Filipina Selatan Memunculkan Ketakutan, Tidak Ada Ancaman Tsunami

  • Whatsapp

Filipina selatan diguncang oleh gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 pada Jumat, 17 November, pukul 08.14 GMT. Gempa tersebut terjadi di provinsi Sarangani, terletak di pulau utama Mindanao, dengan kedalaman mencapai 78 kilometer (48 mil). Meskipun gempa tersebut tidak memicu peringatan tsunami, namun menciptakan kepanikan di kalangan penduduk setempat.

Gempa Membuat Warga Berhamburan Keluar dari Gedung

Dilansir oleh AFP, guncangan gempa membuat warga segera berhamburan keluar dari gedung untuk mencari tempat yang lebih aman. Beberapa pusat perbelanjaan juga dilaporkan mengalami kerusakan, dengan sebagian langit-langit runtuh. Kejadian ini menciptakan suasana ketakutan dan kecemasan di antara penduduk setempat.

Survei Geologi Amerika Serikat: Tidak Ada Ancaman Tsunami

Menurut pernyataan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), meskipun gempa ini memiliki kekuatan yang signifikan, tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan. Hal ini memberikan sedikit kelegaan kepada warga, tetapi tetap mengingatkan akan pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi gempa bumi.

Langkah-langkah Keamanan Pasca-Gempa

Pemerintah setempat dan lembaga kemanusiaan sedang melakukan langkah-langkah keamanan pasca-gempa, termasuk penilaian kerusakan dan penyediaan bantuan darurat jika diperlukan. Seluruh komunitas diharapkan untuk tetap waspada terhadap potensi gempa susulan dan mengikuti petunjuk keamanan yang telah ditetapkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *