Kericuhan Terjadi di Final Karapan Sapi Piala Presiden 2023

  • Whatsapp

Madura, 09 Oktober 2023 – Babak final perlombaan pacuan sapi di Madura, yakni Karapan Sapi Piala Presiden 2023, berakhir dalam kekacauan pada Minggu (8/10/2023). Kericuhan terjadi akibat ketidakpuasan peserta atas keputusan juri, yang kemudian melibatkan penonton dan senjata tajam.

Perlombaan Karapan Sapi Piala Presiden 2023 digelar di Lapangan Karapan Sapi R.P Moh Noer, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Perlombaan ini diikuti oleh 24 pasang sapi karap terbaik dari empat kabupaten di Madura.

Kericuhan bermula ketika sejumlah penonton memasuki arena lapangan dan membawa senjata tajam sebagai bentuk protes terhadap hasil keputusan juri. Panglima Daerah Militer (Pangdam) V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, mengklaim bahwa kericuhan tersebut muncul akibat salah paham antar penonton, padahal juri dan panitia sudah memiliki aturan khusus yang berlaku.

Farid mengungkapkan bahwa meskipun para penonton karapan sapi telah dilarang membawa senjata tajam, kemungkinan ada penonton yang masuk ke dalam lapangan tanpa sepengetahuan petugas setelah perlombaan dimulai.

Guna menghindari eskalasi kericuhan yang lebih serius, Panglima Daerah Militer V/Brawijaya memutuskan untuk menunda pengumuman juara Karapan Sapi Piala Presiden 2023. Pengumuman juara tersebut akan diundur hingga waktu yang ditentukan untuk menjaga kondusifitas dan keamanan pengumuman.

Selain masalah keamanan, kericuhan ini juga menimbulkan luka pada tiga orang penonton yang terkena sabetan senjata tajam. Salah satu korban yang luka parah telah dirujuk ke Surabaya, sementara kondisi dua korban lainnya dilaporkan stabil.

Peristiwa ini menjadi sorotan dan menunjukkan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan dalam perlombaan tradisional seperti Karapan Sapi, yang menjadi bagian penting dari budaya lokal di Madura.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *