Kiat Perawatan Batik untuk Memastikan Kualitasnya

  • Whatsapp

Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang memukau, tetapi untuk mempertahankan keindahannya, perawatan yang benar sangat penting. Terutama jika Anda memiliki batik tulis atau batik cap yang diolah secara alami dengan pewarnaan alami. Salah perawatan dapat mengubah kualitas batik tersebut. Reni Kusuma Wardhani, seorang ahli batik dan penulis buku “Step by Step 37 Gaya Mari Berkain,” membagikan beberapa cara untuk menjaga kualitas batik Anda bahkan setelah bertahun-tahun.

1. Cara Mencuci Batik yang Benar

Salah satu langkah awal dalam merawat batik adalah mencucinya dengan benar. Batik sebaiknya dicuci dengan tangan, bukan dengan mesin cuci. Selain itu, perlu berhati-hati dalam pemilihan deterjen. Pewarnaan alami pada batik sangat rentan pudar jika terpapar bahan kimia yang terlalu keras. Maka dari itu, disarankan untuk mencuci batik dengan mencelupkannya ke dalam air yang mengandung lerak atau menggunakan sabun cuci bayi khusus. Hindari penggunaan pemutih atau deterjen yang keras. Reni menjelaskan, “Sabun cuci bayi biasanya memiliki formula yang lebih ringan. Cukup celupkan baju batik dan bilas dengan air bersih.”

2. Menjemur Batik dengan Benar

Setelah mencuci dan membilasnya, batik sebaiknya dikeringkan dengan cara diangin-anginkan saja. Hindari paparan langsung sinar matahari yang berlebihan.

3. Menyetrika Batik dengan Hati-hati

Proses penyetrikaan juga penting dalam perawatan batik. Pastikan suhu setrika tidak terlalu panas. Jika perlu, letakkan kain pelindung di atas batik untuk mencegah warna batik cepat pudar.

4.n Ba Menyimpatik dengan Aman

Ketika Anda menyimpan koleksi batik dalam lemari, hindari menggunakan kamper atau kapur barus. Kapur barus dapat merusak kain batik. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan merica butir. Reni menyarankan, “Taruh merica dalam kain berlubang-lubang dan letakkan di sudut-sudut lemari.” Merica dan rempah seperti akar wangi dapat membantu menghalau ngengat atau hama lain yang dapat merusak batik dengan bahan dan pewarnaan alami.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *