Prabowo Subianto Menguatkan Prinsip Kedaulatan Rakyat di Indonesia

  • Whatsapp

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menegaskan bahwa Indonesia adalah negara republik yang berkuasa di tangan rakyat, bukan negara kerajaan atau monarki. Pernyataan ini disampaikannya dalam acara Deklarasi Organisasi Gerakan Muslim Persatuan Indonesia (Gempita) di Bandung.

Kedaulatan Rakyat dalam Republik Indonesia

Prabowo memaparkan pandangan mengenai kedaulatan rakyat di Republik Indonesia. Ia menekankan bahwa pendiri-pendiri bangsa memiliki wawasan yang arif dan cemerlang ketika mendirikan negara republik. Dalam republik, kekuasaan dan kedaulatan berada di tangan rakyat.

“Negara republik bukan negara kerajaan, bukan sebuah monarki. Dalam sebuah republik yang berkuasa adalah rakyat, kedaulatan rakyat,” tegas Prabowo.

Implementasi Kekuasaan Melalui Pemilu

Prabowo menjelaskan bahwa kekuasaan rakyat diwujudkan melalui proses pemilu. Setiap lima tahun, setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk memberikan suara mereka.

“Dalam lima tahun, kekuasaan ada di tangan setiap warga negara. Setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama, satu orang satu suara. Tidak ada perbedaan antara jenderal, orang kaya, orang miskin, atau profesor. Setiap warga negara memiliki hak yang setara,” paparnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *