Presiden Jokowi Kritik Pemilihan Warna Kota Tertentu

  • Whatsapp

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sentilan terkait pemilihan warna di kantor pemerintahan kota yang sering disesuaikan dengan warna partai politik asal wali kota yang menjabat. Kritik tersebut disampaikan oleh Jokowi dalam sambutannya di Munaslub Apeksi di Puri Begawan, Bogor, pada Jumat (15/12/2023).

Desain Kota dan Identitas Lokal

Jokowi menekankan pentingnya kepala daerah dalam memunculkan karakteristik kota masing-masing. Dia menyarankan agar gagasan besar direncanakan dengan baik dan detail, termasuk desain kotanya. Dalam konteks ini, Jokowi menegaskan peran penting arsitek landscape untuk menciptakan tata kota yang estetis dan identitas lokal yang kuat.

Pengecatan Warna yang Dipaksakan

Presiden Jokowi menyuarakan kekhuatirannya terkait pemilihan warna yang sering dipaksakan di suatu kota, terutama jika pemimpin kotanya berasal dari partai tertentu. Dia menyatakan bahwa warna partai yang masuk ke dalam kota terkadang tidak nyambung dan dipaksakan, membuatnya mudah dikenali dari catnya.

Tuntutan Perencanaan Kota yang Detail

Jokowi menyoroti bahwa pemilihan warna yang tidak sesuai dengan identitas lokal dapat mengganggu estetika kota. Dia menyerukan agar perencanaan kota dilakukan dengan detail dan melibatkan arsitek landscape yang kompeten.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *