Rekomendasi Pasta Gigi Anak Fluoride untuk Kesehatan Mulut Si Kecil

  • Whatsapp

Jakarta, 10 Oktober 2023 – Fluoride merupakan salah satu mineral yang dapat memengaruhi kesehatan mulut anak-anak. Namun, penting bagi para orang tua untuk memahami penggunaan fluoride yang tepat, mengingat mineral ini dapat menyebabkan fluorosis gigi jika tertelan dalam jumlah yang berlebihan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, fluorosis gigi dapat menyebabkan gigi susu anak memiliki bercak cokelat tua. Jika tidak diatasi, bercak tersebut dapat mengubah warna gigi secara permanen.

Selain risiko fluorosis, penggunaan fluoride yang tidak sesuai aturan juga dapat merusak enamel gigi anak. Enamel merupakan lapisan paling luar gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi dari sensitivitas dan kerusakan. Jika enamel rusak, gigi anak akan menjadi lebih rentan terhadap masalah seperti gigi berlubang.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kandungan fluoride dalam pasta gigi juga dapat mendukung kesehatan mulut anak-anak jika digunakan dengan benar. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics (AAP) berjudul “Fluoride Use in Caries Prevention in the Primary Care Setting,” fluoride dalam pasta gigi dapat membantu mencegah karies gigi dengan menghilangkan bakteri dan kuman penyebab plak, gigi berlubang, dan masalah lainnya jika digunakan sesuai anjuran.

Dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dengan benar, perawatan gigi anak-anak dapat dilakukan secara maksimal. Hal ini penting mengingat prevalensi karies gigi di Indonesia masih relatif tinggi, seperti yang dilaporkan dalam Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, yang mencapai 45,3 persen.

Jadi, penggunaan pasta gigi anak dengan kandungan fluoride yang sesuai aturan adalah langkah yang bijak untuk menjaga kesehatan mulut si kecil. Orang tua disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi atau profesional kesehatan gigi untuk mendapatkan panduan yang tepat tentang penggunaan fluoride dalam perawatan mulut anak-anak. Dengan perawatan yang tepat, kita dapat membantu menjaga senyum cerah anak-anak dan kesehatan gigi mereka.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *