Upaya Koordinasi yang Membawa Pulang Satu WNI Selamat

  • Whatsapp

Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) asal Sumatera Utara dengan inisial FK telah berhasil dievakuasi dari wilayah konflik di Laukkaing, Myanmar. Pada 1 Desember 2023, FK tiba dengan selamat di Medan, mengakhiri ketegangan atas keberadaannya di zona konflik.

Koordinasi Internasional: Peran Penting Perwakilan RI dan Malaysia

Keberhasilan evakuasi ini tidak terlepas dari upaya koordinasi intens antara Perwakilan Republik Indonesia dan Perwakilan Malaysia di Yangon dan Beijing. FK bergabung dengan sekitar 120 Warga Negara Malaysia pada 30 November, menuju Kunming, China, dengan bantuan satu pesawat charter pemerintah Malaysia. Dari Kunming, perjalanan dilanjutkan ke Kuala Lumpur sebelum akhirnya tiba di Medan.

Latar Belakang di Laukkaing: Kota dengan Keberadaan Perjudian Online

Laukkaing, kota di wilayah utara Provinsi Shan, Myanmar, dikenal dengan keberadaan perusahaan perjudian online. FK dikonfirmasi bekerja di sektor tersebut selama berada di Laukkaing. Keberhasilan evakuasi FK menjadi prioritas pemerintah Indonesia untuk menjaga keselamatan WNI di tengah situasi konflik.

Apresiasi Pemerintah Indonesia kepada Malaysia

Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Malaysia atas kerjasama dan bantuan dalam memfasilitasi evakuasi FK. Kerja sama lintas negara ini menunjukkan solidaritas dan komitmen bersama untuk melindungi warga negara di luar negeri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *